Rabu, Desember 11, 2013

Teka-teki Tapering

Monexnews - Tapering masih menjadi hot topic di kalangan pelaku pasar hingga saat ini karena belum adanya kepastian kapan kebijakan tersebut akan diberlakukan. Bank sentral AS sampai saat ini memberikan sinyal yang tidak jelas.
Ketidakjelasan sinyal ini terlihat dari rapat bank sentral pada bulan September dimana ketika itu data-data tenaga kerja AS sudah menunjukkan perbaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Rata-rata klaim tunjangan pengangguran mingguan sepanjang bulan Agustus  2013 tercatat 330 ribu klaim per minggu lebih rendah dibandingkan rata-rata klaim tunjangan pengangguran mingguan sepanjang bulan Juli 2013 yang sebesar 340 ribu klaim per minggu. Tingkat pengangguran di bulan Agustus turun menjadi 7,3% dari sebelumnya 7,4% meski tingkat partisipasi juga mengalami penurunan menjadi sekitar 60%. Non-farm payrolls (NFP) juga mengalami kenaikan untuk bulan Agustus dari sebelumnya 104 ribu menjadi 169 ribu.
Tapi membaiknya data tenaga kerja tersebut belum dijadikan pertimbangan Fed untuk memulai kebijakan taperingnya. Kemungkinan Fed masih memperhatikan tingkat inflasi AS yang belum juga stabil mendekati target 2%. Tingkat inflasi yoy (year on year) pada bulan Juli 2013 berhasil mencapai angka 2%, namun tingkat inflasi yoy pada bulan Agustus 2013 turun lagi menjadi  1,5%.
Fed rupanya sangat berhati-hati untuk memutuskan kebijakan yang satu ini. Wacana yang disuarakan Fed sejak pertengahan April 2013 ini telah menggemparkan jagat pasar keuangan global. Negara-negara berkembang terkena dampak negatif dengan keluarnya hot money dari kawasan itu dan menjadi pembicaraan hangat di pertemuan G20.
Pada rapat Fed bulan Oktober 2013, kebijakan tapering juga tidak dilaksanakan dan pasar memahami ini karena konflik anggaran yang terjadi antara dua partai besar di parlemen AS. Dan kini pasar menunggu rapat Fed di Bulan Desember 2013 ini dimana akan diputuskan pada tanggal 19 dinihari WIB.
Pekan lalu laporan NFP untuk bulan November menunjukkan angka yang sangat bagus 203 ribu lebih besar dari perkiraan dan lebih tinggi dari angka bulan Oktober 200 ribu. Sementara tingkat pengangguran mencapai angka 7%, turun dari level sebelumnya 7,3% dengan tingkat partisipasi sedikit naik meski masih di kisaran 60%. Tapi pasar justru menanggapi negatif. Pasar masih percaya Fed tidak akan memulai tapering pada rapat Desember ini. Beberapa alasan yang berkembang di pasar:
  1. Tingkat inflasi yang masih di bawah target
  2. Krisis fiskal AS yang mungkin akan terjadi di Januari 2014 dengan dimulainya negosiasi batas atas utang.
  3. Tingkat partisipasi perhitungan tingkat pengangguran AS yang masih rendah yang menjadikan angka tingkat pengangguran AS saat ini semu.
Namun demikian, semua keputusan kembali lagi ke tangan para anggota FOMC (Federal Open Market Committee) yang akan melakukan rapat pada 18-19 Desember nanti. Beberapa anggota FOMC sudah menyuarakan perlunya dimulai kebijakan tapering segera dengan data-data ekonomi AS yang sudah lebih bagus dari sebelumnya. Fed bisa saja mengambil keputusan di luar dugaan pasar dengan mulai melakukan tapering di rapat kali ini. Bila tidak ada keputusan tapering maka pasar keuangan masih akan dipengaruhi oleh ketidakpastian tapering setiap bulannya.

http://www.monexnews.com/market-commentary/106/teka-teki-tapering.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua Informasi disini besifat edukasi. bersumber dari link dan website terpercaya. semoga berguna.