Jumat, Desember 06, 2013

Non Farm Payrolls Terpenting Tahun Ini

Monexnews - Malam ini, pukul 20.30 WIB, pasar akan menantikan data Non-Farm Payrolls (NFP) dan tingkat pengangguran AS untuk bulan November 2013. Data ini merupakan data yang paling ditunggu pasar sebelum keputusan rapat bank sentral AS dirilis tanggal 19 Desember 2013 dinihari WIB. Para pelaku pasar sering mengaitkan data NFP dan tingkat pengangguran dengan keputusan bank sentral AS untuk melakukan taperingatau penguarangan stimulus.
Polling atau survey yang dibuat oleh beberapa kantor berita menggambarkan pandangan pelaku pasar secara umum bahwa tapering akan mulai dilakukan sebelum Maret 2014. Namun melihat data ekonomi AS yang dirilis sepanjang bulan ini menunjukkan hasil yang lebih bagus dari prediksi, pandangan sebagian pelaku pasar bisa berubah. Pandangan Fed akan memulai tapering di Desember bisa semakin membesar.
Data NFP yang akan dirilis malam ini bisa jadi merupakan data NFP terpenting tahun ini karena bisa menjadi bahan pertimbangan penting bagi Federal Reserve untuk membuat keputusan yang krusial bagi pasar keuangan. Fed mengingatkan bahwa kebijakan moneternya akan didasari oleh perkembangan data-data ekonomi AS terutama data tenaga kerja dan data inflasi.
NFP hari ini diproyeksikan sebesar 180 ribu. Apakah rilisan nanti malam akan melebihi angka tersebut? Sangat mungkin. Ini bisa dilihat dari pengukuran data NFP oleh pihak ADP yang mendapati angka 215 ribu. Selain itu, rata-rata klaim tunjangan pengangguran mingguan sepanjang bulan November lebih bagus dari rata-rata klaim tunjangan pengangguran bulan Oktober yaitu 328.500 klaim versus 355.500 klaim. Ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa jumlah orang tidak bekerja di bulan November lebih bagus dari bulan Oktober. Survei ISM terhadap situasi tenaga kerja di sektor manufaktur AS juga mendukung pertambahan jumlah pekerjaan. Pada laporan ISM manufaktur PMI menunjukkan indeks pertumbuhan perkerjaan di sektor manufaktur bertumbuh 3,3% poin indeks dari sebelumnya 53,2 menjadi 56,5, hasil tertinggi sejak April 2012. Tapi sisi negatif terdapat dalam pengukuran pertumbuhan pekerjaan ISM di sektor non manufaktur yang turun 3,7% poin menjadi 52,5. Namun demikian secara keseluruhan terlihat pekerjaan di AS mengalami pertumbuhan.
Angka NFP yang di atas 200 malam ini tentu saja bisa sangat positif untuk dollar AS. Sentimen tapering akan kembali menguat. Dan sebaliknya, angka di bawah 160 bisa mendorong pelemahan dollar AS. Kita juga harus memperhatikan tingkat pengangguran. Tingkat pengangguran malam ini diproyeksikan 7,2%. Tingkat pengangguran yang di bawah angka prediksi dan NFP di atas 200 bisa menambah kuat sentimen tapering.
Apapun angkanya, para pelaku pasar harus bersiap dengan segala kemungkinan dan menjaga resiko masing-masing. Pergerakan pasca NFP ini bisa memberikan peluang yang luar biasa bagi para trader yang bisa mengambilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua Informasi disini besifat edukasi. bersumber dari link dan website terpercaya. semoga berguna.